Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Penting Membuat Proposal Penelitian, Dijamin Keterima


illustrasi gambar membuat proposal penelitian
Illustration by Pinterest


Membuat proposal adalah gerbang pertama saat memasuki pintu selanjutnya, yaitu penelitian. Anggap saja proposal merupakan kesan pertama. Jika kesan pertama menarik, maka secara otomatis seorang donatur akan menerima proposal penelitianmu. Begitu juga sebaliknya. So, harus dipikirkan matang-matang cara membuat proposal yang baik dan benar. Dalam pengertian lain pengertian proposal tentunya penting juga untuk dipahami. 

Dalam etimologis proposal berasal dalam bahasa inggris yaitu propose, dimaknai sebagai pengajuan atau sebuah permohonan. Sedangkan penelitian adalah suatu kegiatan investigasi dalam mecari fakta atau merevisi kebenaran dengan sistematis dan dapat dipertanggung jawabkan.

Kemudian Penelitian proposal merupakan rancangan kegiatan penelitian yang diuraikan secara terperinci dan sistematis dalam menawarkan ide gagasan yang kemudian tujuan ahirnya mendapatkan persetujuan pihak donatur. Perlu diingat dalam proposal penelitian dengan proposal usaha, seminar, proyek tentu berbeda, perbedaan tersebut ada pada fungsi, tujuan dan kegunaanya.

Perlu diingat dalam proposal penelitian dengan proposal usaha, seminar, proyek tentu berbeda, perbedaan tersebut ada pada fungsi, tujuan dan kegunaanya.

Tanpa bertele-tele, yuk kita simak apa saja hal penting dalam membuat proposal

Pertama, Gunakan desiain proposal yang baik dan bagus
kenapa desain itu penting? sudah saya sampakan diatas, bahwa kesan pertama itu hal yang tidak dianggap spele. Desain proposal memang bukan  hal prinsiple dalam sebuah penelitian. Namun, desain yang baik menunjukan keseriusan dan kepribadian. Donatur tentunya akan terkesan jika desain proposal menarik. Selain menarik untuk dibaca, donatur tentunya akan tertarik untuk menyetujui proposalmu

Kedua, Isi Proposal tidak bertele-tele
Selain desain proposal yang bagus. isi dari penelitian berperan utama. Seorang peneliti harus cermat dalam membuat proposal. Salah satunya dengan tidak bertele-tele dalam isu konten yang dibahasnya. Proposal yang baik cenderung memiliki isi yang padat dan jelas. Dalam hal ini, peneliti harus menguraikan topik masalah tanpa mengembangkan masalah lain yang cenderung akan kabur dari topik yang akan ditelitinya.Tulislah dengan uraian yang jelas dan fokus,hal itu akan membuat donatur faham akan maksud topik yang akan diangkatnya.

Dalam hal ini, peneliti harus menguraikan topik masalah tanpa mengembangkan masalah lain yang cenderung akan kabur dari topik yang akan ditelitinya.

Ketiga, Tunjukan Penelitian yang berdampak dan solutif
Penelitian ilmiah selain bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan yang telah ada, juga bertujuan mendapatkan infomasi dan penemuan yang baru. Penting kiranya hasil penelitian tersebut dapat memberikan solutif dan dampak atas topik yang diangkat. Projek penelitian yang memberikan solutif dan berdampak juga akan memberikan kepercayaan donatur, dan mengangap kegiatan penelitian tersebut merupakan hal yang penting

Keempat, RAB (Rancangan anggaran biaya) rasional, logic dan dapat dipertanggung jawabkan
RAB merupakan perhitungan biaya saat penelitian yang penting kiranya diperhitungkan. Banyak dan sedikitnya biaya yang dikeluarkan harus sesuai dengan keperluan semestinya. Dengan demikian, donatur tidak akan segan-segan memberikan anggaran berdasarkan kepercayaan dan tentunya dapat dipertanggung jawabkan.

Kelima, Gunakan prinsip Honesty (kejujuran) dalam menjalan projek penelitian
Seringkali tujuan penelitian merupakan kegiatan komersial yang hanya ingin mendapatkan keuntungan semata. kecenderungan tujuan ini akan membuat projek penelitian terkesan pragmatis dan instan. kejujuran dalam hal ini misalnya, mengambil judul penelitian orang lain dengan merubah redaksi dan konten penelitian di google maupun jurnal ilmiah. Jika hal ini terjadi, hal demikian bukan hanya menodai peran akademis, juga akan berdampak pada ketidak kepercayaan dan integritas buruk seseorang dalam meneliti. Prinsip keadilan dalan penelitian kiranya wajib untuk dilakukan.

Dari lima point diatas, kiranya cukup untuk memberikan tips dalam membuat proposal penelitian. Hal terpenting dalam penelitian adalah menemukan fakta dan memverifikasi kebenaran dengan cara ilmiah, empiris dan sistematis. Kegiatan penelitian ini merupakan hal yang rumit tanpa persiapan dan ilmu yang matang. Perlunya gambaran dan tips agar calon peneliti seperti mahasiswa maupun dosen dapat diterima oleh donatur.
M Adam Mubarok, S.H
M Adam Mubarok, S.H Mencari sesuatu dan berfikir adalah hidup saya dan tugas Manusia. saya selalu merenung tentang peristiwa dan belajar mengenal diri itu yang lebih penting

21 komentar untuk "5 Tips Penting Membuat Proposal Penelitian, Dijamin Keterima"

  1. Mantap tips penulisan proposalnya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Anonim7/18/2020

    Makasih tipsnya, mantul
    Ditunggu tips selanjutnya

    BalasHapus
  3. Ini yang sering dipakai ama perusahaan-perusahaan kontraktor dan EO, terutama dibidan MICE, dikantor saya saja sampai-sampai membeli template untuk membuat proposal agar keterima oleh BUMN, dan Kementerian, apalagi untuk Sponsor.

    BalasHapus
  4. makasih tips nya min, semoga bermanfaat bagi semua orang yang membacanya #Amin

    BalasHapus
  5. desiain proposal penelitian menurut saya adalah hal wajib pertama kali yang harus sempurna. Agar lebih terlihat profesional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Tp desainya juga harus enak diliat. Hihi

      Hapus
  6. Makasih gan infonya sangat bermanfaat. Nanti bisa diterapkan tipsnya kalau mau bikin proposal

    BalasHapus
  7. Satu lagi nih kak, "Mengikuti panduan penyusunan proposal penelitian"

    Kadang sering luput dari perhatian sih, tapi ini penting agar proposal tidak jauh melenceng hehe

    BalasHapus
  8. Jadi igat pas zaman kuliah. Masuk satu mata kuliah di semester kelima, dosen mewajibkan buat proposal penelitian gitu. Ada yang belum sampai dibaca udah dicoret (memperlihatkan kalau desain harus rapi dan bagus), ada yang lolos cuma setengah jalan (anggaran enggak masuk akal bagi beliau), tapi alhamdulilah nilai A semua. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, dapet Nilai dari mana tuh ka. ? Hha

      Hapus
  9. Menambahkan lima poin di atas. Tidak sekadar dalam menggarap proposal, dalam menulis apa saja, keseriusan seseorang ketika menulis itu juga akan dapat terlihat dari tidak adanya kesalahan tipografi, penggunaan imbuhan, huruf kapital maupun tanda baca. Proposal akan lebih sempurna jika idenya oke, penggunaan bahasa sebagai media penyampai idenya juga oke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener tuh mas. Apalagi proposal untuk karya Ilmiah

      Hapus
  10. Saya sendiri masih belum kuliah, tetapi mungkin ini bisa membantu saya suatu saat saya memutuskannya. Terima kasih banyak pak, mungkin ilmu ini bisa saya terapkan kemudian. Salam sukses!

    BalasHapus
  11. Jadi inget OSIS.. Saya sebagai humas sering sekali ketika mengajukan proposal masih terdapat beberapa kesalahan.. Bolak balik ke pembina ke sekretaris.. Sampai benar" proposal sempurna baru bisa diresmikan sama pembina sampai ke kepala sekolah.. Oiya.. Btw masalah proposal donatur... Selain pentingnya proposal, menurut saya cara penyampaian ketika meminta donatur itu yang lebih utama.. Terutama cara & sikap kita saat bertemu dengan pihak donatur

    BalasHapus
  12. Poin pertama sering banyak yang mengabaikan padahal desain salah satu faktor yang menjadi daya tarik calon klien.

    BalasHapus
  13. Kirain mas Adam mau kasi contoh desain proposal penelitian juga.

    Aku udah sering buat proposal, tapi kalau untuk penelitian sepertinya belum pernah deh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha. Nantilah saya akan buat artikel lanjutan

      Hapus
  14. makasih mas, tipsnya cocok sekali buat mahasiswa yg kadang ribet ngurusin proposal wkwkwk

    BalasHapus
  15. Dari 5 tips diatas menurut saya sangat bermanfaat untuk orang yang membuat proposal penelitian agar diterima

    BalasHapus