Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar dari Pemeran Film Forrest Gump




Sumber foto: Pinterest

Setelah menonton film Forrest Gump, saya bingung dengan sisi yang tepat untuk saya tuangkan dalam bingkai tulisan. Jika menguraikan kembali alur cerita, itu sama saja mereview naskah cerita bukan? Saya meyakini bahwa film ini banyak digemari hal layak pencinta film drama. Karena, dari beberapa teman saya yang telah menonton, film ini mempunyai kesan yang baik. Saya pun demikian.

Forest Gump merupakan nama tokoh yang diperankan oleh Toms Hank. Film ini mendapakan banyak nominasi (Academy Award 1994). Forrest Gump bermula diadaptasi dari novel  Forrest Novelis Winston Groom published Forrest Gump, 1986) yang kemudian difilmkan pada tahun 1994 yang disutradarai oleh Robert Zemeckis banyak menuai prestasi perfilman pada saat itu. Diantaranya " Best Performance by an action in leading role, Toms Hank, Best Directur dan enam nominasi lain.

Film ini termasuk katagori film drama inspiratif yang berkisag tentang persahabatan, keterbatasan mental, cinta dan juga prestasi.

Dalam film motivasi, apa saja. Biasanya film akan menampilkan perjuangan keras seorang aktor utama, baik motivasi, konsep hidup kaya, ataupun perjuangan kerja keras. Berbeda dengan Film ini, Ia berperan sebagai seorang aktor yang lugu dan idiot yang kemudian banyak mendapatkan penghargaan, bermula saat ia memiliki bakat berlari kencang hingga menjadi orang yang sukses diberbagai kesempatan. Saya meyakini film tersebut memang tidak sengaja mengambil sisi sukses pada umumnya untuk kaya, melainkan hal lain.

Jika kalian penasaran ada baiknya menonton terlebih dahulu. Sebelum saya melanjutkan pendapat saya. Jikapun tidak, dipersilahkan untuk membaca lebih lanjut tulisan ini. Kuy lanjut

Karakter yang dimainkan dalam film ini sangat profesional, Perhatikan saja dari cara Toms Hank memainkan peran lugu hingga gaya bicara dan tatapan matanya. Penonton diajak menyelami setiap makna dan gaya kehidupan Forrest Gump. Cerita ini bermula pada saat Forest Gump dilahirkan ke dunia dengan tingkat kecerdasan manusia dibawah rata-rata. Namun takdir berkata lain. Dibalik capaian yang tidak ia impikan, ia melejit menjadi  kaya dengan berbagai prestasi mendali penghargaan Militer terbaik, Dan uniknya semua capaian itu tidak direncanakan. Dari film tersebut saya belajar beberapa tentang peran utama Forrest Gump

Pertama, Kejujuran, Forrest mempunyai sifat dasar yang jujur. Ia patuh dengan perintah apa saja. Ia pendengar yang baik. Dalam scane ketika Janny (Robbin Wright) menuyuruh Gump lari dari kejaran teman jailnya. Gump berlari dengan kalimat "Run Forrest, Run", dan juga pada saat presiden memberikan mendali militer.  Pada saat itu juga presiden meminta ia melihatkan lukanya di bokong. Namun Ia lakukan. Padahal, prsiden hanya bergurau dengan luka tembak Gump.

Kedua, Persahabtan menjadi scane yang menarik. Forest Gump merupakan sosok yang bodoh. Oleh karena itu, orang-orang tidak mau menemaninya. Ia hanya bertemu dengan Janny saat kecil hingga Bubba (Mykelti Williamson) sebagai teman militernya. Persabantan itu harus berpisah ketika Bubba pergi neninggalkan Gump saat perang di Tailand. Scane ini menarik dan terharu, karena Gump  berusaha ingin menyelamatkan temanya yang terluka parah saat perang berlangsung. Tidak hanya Bubba, Ia juga menolong orang lain yang terluka dengan menggotong teman militer Gump menjauhi dari serangan musuh, anataranya menyelamatkan Letnan Dan (Garry Sinise). Persahabatan Gump tidak sampai disitu, Ia pun mewujudkan cita-cita Bubba saat ia ingin sekali menjadi Kapten Nelayan Udang dan menghidupi keluarga Bubba. 

Ketiga, Fokus merupakan salah satu karakter yang patut ditiru oleh Gump. Fokus merupakan kelebihan Gump. Contoh scane dalam film tersebut ketika Sarsan menyuruh memasang senjata, Gump cepat tanggap melakukan. Perintah apapun yang dilakukan oleh lawan bicara, Gump selalu fokus memperhatikan ucapan lawan bicaranya. Sama halnya ketika ia bermain tenis meja. Ia hanya diperintahkan melihat bola tenis dan mengikuti bola yang dituju. Terbukti saja, Ia melakukan demikian sampai ahirnya ia menjadi juara  dan mendapatkan mendali pemerintah Amerika.

Keempat, Ketulusan Cinta Gump kepada Janny merupakan bagian dari scane dalam film ini. Film tanpa konflik cinta sepertinya akan hambar. Ketulusan cinta Gump dalam scan film ini banyak kita jumpai. Di awal cerita, saat kecil Gump hanya bertemu dengan wanita bernama Janny, meski berawal dari persahabatan, namun berakhir juga pada pernikahan Gump dan Janny. Kisah cinta Gump mempunyai jalan liku yang tidak menggembirakan. Sosok Janny yang berbeda dengan Gump membuat Janny hanya menganggap Gump sebagai seorang sahabat. Meski begitu, Gump memiliki perasaan yang dalam, hanya ada nama indah dalam pikiran Gump. Terbukti saat Gump sukses menjadi kapten nelayan Udang (Bubba Gump). Gump menamai kapal pesiar yang dibelinya dengan nama Janny. Pertemuan Janny dan Gump berakhir tragis. Janny meninggalkan Gump selamanya.

Kelima, Takdir adalah jalan hidup seseorang. Kesedihan Gump saat ditinggal ibunya, Janny dan Bubba membuat Gump sedih, kesedihan ini tidak luput dari karakter Gump yang tidak biasa. Ia tidak pandai bergaul dan besosial. Ia hanya mengikuti alur cerita dalam hidupnya. Ia berjalan bahkan berlari kemana mata angin berlaju. meski demikian, Ia dikarunia keberuntungan bakat berlari dan keberuntungan jalan kesuksesan apapun. namun tidak dengan kebahagiaan. 

Keenam, Taat kepada orang tua dalam hal ini ibunya (Sally Field), Dalam setiap kesuksan ia tidak pernah lupa dengan pesan ibunya. ia sering kali mengungkapkan pesan ibunya kepada Janny, Bubba maupun Letnan Dan. Saat ibunya sakit ia pun tak habis pikir untuk segera pulang menemui ibunya. sampai diakhir hayat pesan-pesan ibunya pun ia ingat. Sebagian harta kekayaan Gump ia sumbangkan ke banyak tempat seperti pendidikan hingga rumah sakit.

Dengan demikian, Film ini layak untuk ditonton. termasuk kamu. bagi yang telah menonton , kira-kira  kesan dan pelajaran apa yang telah kalian dapatkan, hhe .. Tulis komentar ya




M Adam Mubarok, S.H
M Adam Mubarok, S.H Mencari sesuatu dan berfikir adalah hidup saya dan tugas Manusia. saya selalu merenung tentang peristiwa dan belajar mengenal diri itu yang lebih penting

Posting Komentar untuk "Belajar dari Pemeran Film Forrest Gump"