Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review lengkap buku - Karena Kita Begitu Berharga - dr. Ade Hashman, Sp. An


Cover buku Karena Kita Begitu berharga Penulis : dr. Ade Hashman, Sp. An


Buku yang baik dan bisa dipertanggungjawabkan adalah buku yang ditulis oleh pakar/ahli. Buku yang berjudul "Karena kita Begitu Berharga" ditulis seolah dokter spesialis anastesi di RSUD Kalimantan Timur bernama dr. Ade Hashman, Sp. An. Selain profesi penulis sebagai dokter. Ia juga peminat jurnalistik. Maka tidak aneh, jika buku yang Ia tuangkan selain memberikan disiplin ilmu yang kuat. Penulis juga mampu memberikan penjelasan yang enak dibaca.

Bagi saya, dalam buku ini memiliki keistimewaan, karena buku ini sangat memberikan informasi anatomi tubuh manusia yang begitu kompleks dan begitu berharga. Yang selama ini kita pikir bahwa semua anggota badan merupakan bagian yang bekerja layaknya mesin yang berproses. Nyatanya memliki fakta yang tidak terduga, membuat para pembaca akan merenung tentang keberadaan dirinya. Tidak terkecuali atas diri manusia yang begitu berharga dan mewah harganya.

Saya memberikan contoh ulasan dalam buku ini, tentang bagaimana proses jantung telah memompa manusia sebanyak 360 juta kali dalam umur rata-rata manusia hidup, dengan demikian ia memproduksi setara dengan 9,6 miliar O2 (liter oksigen) yang mampu menenggelamkan tugu monas sekaligus dalam sehari. Fakta lain bahwa anatomi seperti paru memiliki 300 juta alveolus yang apabila dibentangkan, itu sama saja dengan luasnya setengah lapangan tenis. Dan masih banyak lagi pembahasan fakta ilmiah, seperti DNA, kinerja ingatan dalam otak hingga anatomi terkecuali seperti miliaran sel yang memiliki peran penting bagi tubuh.

Selain memberikan fakta ilmiah tentang tubuh manusia. Penulis dalam buku ini sangat konsen terhadap studi Islam. Dalam setiap fakta yang dijelaskan. Penulis mendorong pembaca untuk menghayati setiap jengkal pemberian ke esaan Tuhan secara percuma untuk dinikmati dan di syukuri. Secara keseluruhan bahwa buku ini merupakan buku ilmiah yang tidak menyampingkan sumber literal dalam Al-Quran.

Anugrah internal dalam tubuh manusia yang kita miliki begitu berharga dan tidak mampu dikalkulasikan oleh rupiah. Potensi luar biasa yang dimiliki manusia merupakan hak yang dipertanggung jawabkan sebagai mandataris (Khalifah) ilahi di muka bumi. Dengan demikian, potensi dan anugrah yang tidak terhingga merupakan bagian yang wajib manusia syukuri dalam setiap menit hidupnya. 

Potensi yang berharga yang dijelaskan dalam buku ini selain fakta ilmiah, Penulis juga mengajak kita untuk bertafakur dengan keesaan Tuhan yang telah menetapkan ukuran dan fungsi otentik dalam peran anatomi tubuh manusia.

BACA JUGA

Setiap buku memberikan pesan pada pembacanya, pesan dalam buku ini adalah pengenalan diri manusia dengan Tuhannya atas potensi dan keagungan manusia miliki. Dalam Islam, jika ingin mengenal Tuhannya, maka kenali diri sendiri. Dengan demikian buku ini memberikan alternatif pengetahuan untuk mengenal diri manusia lebih dalam. Buku yang berjumlah 218 halaman ini wajib dibaca oleh semua kalangan. Terutama bagi orang yang sedang putus asa dalam menjalani hidupnya.
M Adam Mubarok, S.H
M Adam Mubarok, S.H Mencari sesuatu dan berfikir adalah hidup saya dan tugas Manusia. saya selalu merenung tentang peristiwa dan belajar mengenal diri itu yang lebih penting

2 komentar untuk "Review lengkap buku - Karena Kita Begitu Berharga - dr. Ade Hashman, Sp. An "

  1. Setuju mas, klo yg nulis dokter spesialis pasti isinya berharga, kalo dalam istilah blogger , buku ini isinya daging.
    kuote "jika ingin mengenal Tuhanya, maka kenali diri sendiri" luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas. Bagus buku untuk pengetahuan juga

      Hapus