Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Penting yang Harus dipersiapkan saat interview kerja

gambar HRD interview Kerja

 

‌Interview atau wawancara adalah gerbang utama menuju dunia kerja. Banyak orang bilang wawancara kerja lebih sulit dari pada kerja. Mungkin ini sebuah joke atau satir saja. Tapi jika dipikir ada benarnya.

‌Dalam wawancara, seorang pelamar akan bertemu seorang HRD. Disini kalian akan diinterview banyak hal. Mulai dari pertanyaan yang sederhana, menjelaskan kepribadian, hingga pertanyaan yang kadang membuat anda berfikir. Ada banyak ko materi tentang pertanyaan-pertanyaan seputar HRD dan calon pelamar.

Namun kali ini. Penulis akan memberikan Tips. Apa saja yang harus di persiapkan sebelum melakukan interview kerja. Yuk langsung simak pembahasannya.

Persiapan Mental
Ini ni yang paling penting untuk pertama kali dipersiapakan. Mental biasanya sebagai dasar persiapan kita dalam melakukan aktivitas yang berhubungan dengan keberanian, kepercayaan diri. Kalo sudah berfikir yang enggak-enggak atau berfikir tidak pede dengan diri sendiri, udah deh kalian juga akan ngeheng alias jadi mendadak lupa atau gugup. Seringkali juga loh. Calon pelamar gugup saat berhadapan dengan HRD. Ya karena tidak dipersiapkan mental terlebih dahulu.

Terus apa ni. Agar kita berani menghadapi HRD. Menurut pengalaman saya agar PD menghadapi HRD. Pertama, berpikirlah positif kepada diri kita sendiri. Anggap saja kita memiliki kepribadian yang tegas, profesional, siap dan bisa menjadi solusi. Hal ini gak keliatan aneh ko. Tapi sangat membantu buat kepercayaan diri. Kedua, persiapan yang matang, hal penting adalah materi seputar pertanyaan, atau profil tempat kerja. Bisanya ini yang akan dipertanyakan nanti. Dengan persiapan referensi yang matang. Artinya kita sudah siap buat berhadapan dengan HRD.

Ketiga, Sebenarnya apa yang membuat kita nggak PD? Jawabannya karena ada yang kita takuti. Pikiran-pikiran ini nih yang sering mengintai. Takut dimarahi lah, takut tidak bisa menjawab lah. Dan bla bla. Tapi jika kita tau perkara yang kita takuti. Itu akan membuat kita belajar loh. Kalo kalian takut, misalnya dengan HRD. tanamkan pada diri kita. Bahwa HRD juga manusia bukan Jin atau hantu.hehe

Berkas dan Referensi
Ini juga gak kalah penting loh. Teliti terlebih dahulu berkas yang harus di bawa. Biasanya berupa CV yang bagus. Surat lamaran, foto 2x3 hingga Ijazah. Atau ada juga persyaratan lain seperti surat baik atau akreditasi kampus.

Kedua, adalah persiapkan referensi untuk diri kita terlebih dahulu. Hal ini sebenarnya sudah terjawab dalam meningkatkan kepercayaan diri. Namun perlu ditegaskan kembali. Referensi seputar profil kerja. Seputar pertanyaan-pertanyaan HRD. Hingga apapun yang berkaitan dengan interview kerja. Kalian juga bisa mencari untuk mengerahui kesalahan maupun tips lainnya. Ini penting banget. Jangan sampai  jika kalian ditanya  oleh HRD seperti ini "Apa yang kamu tau tentang perusahaan ini?". Apa gerangan jika tidak dipersiapkan.

Pakaian Rapih dan sopan
Di Indonesia mempunya standar sendiri dalam interview kerja. Salah satunya adalah pakaian rapih. Pakaian yang rapih juga menunjukan kepribadian yang disiplin dan tidak jorok. Di dunia kerja. Pakaian yang rapih menjadi syarat juga dalam interview. Rapih yang dimaksud bukan artinya memiliki pakaian bagus dan mahal. Namun perhatikan detail ukuran baju yang tidak kebesaran atau terlalu ketat. Bersih dan jangan lupa sudah di setrika.

Meskipun tidak substansial. Namun kesan pertama saat bertemu HRD pakaian yang rapih dan penampilan memberikan kesan yang positif. Selain itu pakaian rapih memberikan kita kepercayaan diri. Biasanya yang digunakan dalam interview kerja menggunakan kemeja yang tidak bercorak dan tidak berwana putih. Jangan lupa rambut yang rapih dan kaos kaki pun jadi bahan perhatian HRD loh.

Disiplin dan Tepat waktu
Selain pakaian, tepat waktu saat panggilan interview kerja merupakan cerminan kepribadian. Dengan datang lebih awal menunjukan kepribadian kita yang serius, disiplin dan bertanggung jawab. Jika estimasi waktu tidak tepat karema alasan gangguan dijalan misalnya. Usahakan memberikan informasi akan keterlambatan. Ini juga bagian dari sikap profesional.

Cara Bersikap
Setelah empat tahap diatas dilalaui. Hal yang tidak kalah pentig adalah cara bersikap dengan lawan biacara kita yaitu HRD. Cara bersikap ini kita bagi dalam 3 bagian. Yaitu;  cara bagaimana berbicara, bagaiamana mendengarkan dan bagaimana bertindak.

Pertama, berbicara merupakan instrumen untuk meyakinkan lawan bicara. Mempengaruhi agar lawan bicara kita menyukai dan meyakini tentang kepribadian kita. Berbicaralah dengan bahasa yang lugas, pelan dan meyakinkan. Dan yang terpenting jangan memotong pembicaraan HRD.

Kedua, mendengarkan pula bagian dari sikap. Dengarkan secara seksama apa yang sedang dibicarakan oleh lawan bicara. Dengan mendengarkan. Kita menghargai lawan bicara kita yaitu HRD. Dari sini juga HRD menilai sikap kita loh.

Ketiga, Sikap yang baik juga terlihat bagaimana mana cara kita masuk, duduk dan menatap. Ketika masuk ke ruang interview usahakan memberikan salam. Dan jangan duduk sebelum dipersilahkan duduk. Berjabat tangan untuk meyakinkan dan berikan wajah yang antusias dengan senyum.

Sikap yang harus dimiliki :

  • Jangan memotong pembicaraan
  • Berbicara dengan bahasa yang jelas dengan tempo tidak terburu buru
  • Duduk dengan tegak dan jangan bungkuk
  • Jika bisa gunakan bahasa tubuh ketika berbicara
  • Senyum dan dengarkan lawan bicara dengan baik

Itulah Tips dan trik 5 Hal Penting yang Harus di persiapkan saat interview kerja. Semoga tulisan ini jadi bahan referensi dan membantu rekan siap dalam menghadapi dunia kerja. Semoga Lolos yakk.!!

Adam Mubarok
Adam Mubarok Mahluk mageran, kadang suka julid. Selalu senang melihat senyummu. ngak suka ngopi dan bukan perokok. Tapi Selalu beruntung kalo nongki sama pecinta kopi, meski selalu minum susu

1 komentar untuk "5 Hal Penting yang Harus dipersiapkan saat interview kerja"